Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PBL) adalah pendekatan dalam pembelajaran di mana peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui sebuah konteks belajar berupa proyek dalam rentang waktu tertentu. Penerapan PBL pada kampus vokasi dinilai mampu mengakomodir kebutuhan riil di lapangan dengan cepat tanpa meninggalkan nilai-nilai pembelajaran yang seharusnya di dapatkan di perguruan tinggi vokasi.
Melalui buku panduan ini diharapkan pembaca dapat memahami penerapan Project Based Learning (PBL) yang telah diterapkan pada beberapa studi kasus yang dijabarkan. Pokok bahasan dari buku ini adalah:
– Konsep Project Based Learning
– Aktor dan Peran dalam PBL
– Skenario Pemetaan Matakuliah
– Penerapan: PBL Bidang Software Development
– Penerapan: PBL Bidang Animasi dan Multimedia
– Penerapan: PBL Bidang Geomatika
– Penerapan: PBL Bidang Keamanan Siber
– Pengaturan Workspace
– Evaluasi dan Penilaian