Program Bantuan P4M

A. Hibah Pembuatan Konten Video Digital Dalam Penerapan Pembelajaran Kombinasi

Seiring dengan ditetapkannya peraturan Direktur Nomor 4 Tahun 2019 tentang Penggunaan Metode Pembelajaran Kombinasi di Lingkungan Politeknik Negeri Batam, Polibatam mewadahi implementasi pembelajaran kombinasi melalui pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar dan karakter pembelajaran. Adapun beberapa jenis model pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya penyampaian materi ajar menggunakan video pembelajaran yang telah dibuat sendiri sebelumnya atau merujuk kepada video referensi yang tersedia di dunia virtual, ataupun penyampaian materi langsung melalui kelas daring. Kondisi lingkungan pembelajaran juga dapat dilakukan secara sinkron melalui kelas virtual di e-learning yang dilakukan pada waktu yang sama tempat berbeda dan secara asinkron melalui e-learning yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang berbeda.

Saat ini Polibatam telah menerapkan pembelajaran daring hampir di semua mata kuliah menggunakan e-learning khususnya dengan memanfaatkan fitur-fitur standar pada Learning Management System (LMS)

Tetapi tidak dipungkiri belum semua tenaga pendidik mahir menggunakan, membuat ataupun mengkreasikan konten digital pembelajaran khususnya video digital guna mempermudah distribusi pengetahuan dan pembelajaran mandiri. Dalam upaya mengatasi kesenjangan literasi dan akses digital dalam Pembelajaran Daring, P4M mendorong seluruh dosen untuk memulai membuat konten-konten digital pembelajaran yang lebih interaktif melalui program hibah “Pembuatan Konten Video Digital Dalam Penerapan Pembelajaran Kombinasi”.

Panduan Hibah Selengkapnya dapat diakses pada tautan berikut  ini : Program Bantuan Konten Digital

B. Program Bantuan Penulisan Buku Ber – ISBN

Program Bantuan Penulisan Buku Ber-ISBN merupakan salah satu program yang dikelola oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M) Polibatam dalam rangka menjalankan fungsi penjaminan mutu di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan upaya mendukung publikasi bahan ajar dan pedoman terkait pembelajaran. Program ini terbuka bagi dosen-dosen dan sivitas akademika Polibatam dari berbagai ilmu yang telah memiliki naskah buku ajar maupun buku pedoman sebagai penunjang kegiatan Tri Dharma. Naskah buku ajar dapat diturunkan dari pengalaman pengajaran dan penelitian, yang dapat ditambah dengan terbitan hasil penelitian orang lain dalam bidang ilmu apa pun tetapi belum pernah dijadikan sebagai bahan buku ajar. Sedangkan naskah pedoman penunjang kegiatan Tri Dharma dapat diturunkan dari pengalaman pengelolaan pembelajaran. Program ini tidak membiayai penyiapan naskah buku, tetapi menyediakan sejumlah dana bagi penulis buku yang buku ajar/pedomannya siap untuk diterbitkan dan mendapatkan ISBN sekaligus HKI-nya.

Panduan Hibah Selengkapnya dapat diakses pada tautan berikut ini : Program Bantuan Buku ber – ISBN