Pedoman Pengembangan Kurikulum

Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi yang tercantum pada Undang-undang Pendidikan Tinggi. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) terus bermutakhir dalam upaya mengembangkan IPTEKS, memenuhi kebutuhan pengguna lulusan serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Penerapan pengintegrasian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam pembelajaran, penerapan merdeka belajar, dan penerapan lainnya yang tercantum pada SN Dikti di Permendikbud No.3 Tahun 2020 menuntut adanya perubahan pada Kurikulum, Capaian Pembelajaran dan/atau metode pembelajaran. Dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi, Politeknik Negeri Batam merespon dengan menerbitkan pedoman Pengembangan Kurikulum sebagai pedoman untuk memutakhirkan kurikulum yang berjalan di lingkungan Politeknik Negeri Batam.

Melalui buku pedoman kurikulum ini, setiap pembaharuan yang dilakukan diharapkan tidak bertentangan dengan filosofi Pendidikan serta peraturan yang berlaku. Buku pedoman kurikulum ini, juga dimaksudkan untuk dapat menuntun setiap pihak dalam mengembangkan kurikulum diantaranya Jurusan, Program Studi, tim kurikulum, tim evaluator kurikulum dan pihak lain yang terkait dalam menyusun dan menyelenggarakan, serta mengevaluasi kurikulum di lingkungan Politeknik Negeri Batam.

Buku pedoman ini disusun secara dinamis, sehingga senantiasa dapat diperbaharui dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan di lingkungan Politeknik Negeri Batam.